Wednesday, April 15, 2015

Mengenai Si Tomat

Dear Rangers,

Sesuai dengan janji saya beberapa hari lalu, di komentar artikel terkait rencana pensiun saya dari Line Rangers, saya akan mengulas mengenai situs Tomat.

Saya pakai istilah tomat, plesetan dari tometo (nama asli situsnya).

Awalnya saya mengenal si tomat di akhir 2014 lalu, saat masih rajin-rajinnya battle di area 200 ubi (sehingga terbentuk Jagal). Diperkenalkan oleh temen-temen di RBT yang menggunakan si tomat sebagai acuan untuk mencapai peringkat di global sesuai dengan keinginan. Karena pada awalnya, si tomat memang hanya mengeluarkan fitur itu.


Memasuki LR Season 2, game LR kian berkembang dengan banyak fitur di dalamnya. Eh, tak disangka, si tomat juga mulai melakukan pergerakan dan perubahan yang signifikan. Jika di season 1 dia hanya menjadi pemberi info rangking, maka di season 2 ini, dia mengeluarkan dan menjalankan fitur AUTO GAMING.


Apakah auto gaming itu?

Auto gaming itu semacam memakai joki untuk bermain game. Saya sendiri menganggap joki merupakan salah satu tindakan yang mengurangi kenikmatan bermain game. Kecuali memang kefefet yaaaa....boleh lah pake joki (temen) untuk menyelesaikan stage yang sulit dilewati.

Pemakaian joki kayanya hanya saya dengar di LR season 1. Di season 2, hampir tidak pernah ada yang request untuk dijokiin main game LR. Perkiraan saya karena para rangers sekarang sudah punya ranger yang lebih garang dan mudah untuk menang stage, di samping karena strategi di season 2 lebih banyak ke taktik serang tower (terutama untuk stage Phantom Prison, apalagi ranger-rangernya cupu seperti milik saya).

Nah, auto gaming yang disediakan si tomat ini sifatnya ekstrim. Dalam artian, jika pakai joki manusia, butuh waktu (dalam hitungan MENIT) untuk menyelesaikan stage. Sedangkan jika pakai auto gaming ini, hanya butuh waktu 3 DETIK (lebih kurang).

Tidak heran jika SBT sempat diduga berbuat curang karena poinnya bisa naik begitu cepat dalam waktu yang sangat singkat!

Kamu tinggal pilih tipe auto gaming di si tomat ini. Stage, Special Stage, atau Battle (PVP).

Credit: Abah Q untuk foto-foto (screenshot) terkait daleman si tomat

*info tentang akun kita*

*stage yang bisa dipilih: specs, regular stage*

*stage yang bisa dipilih: pvp*

*informasi pembelian R*

*harga R. semakin banyak R, semakin murah*

Oya, si tomat ini menggunakan istilah R sebagai 'mata uang' mereka.

So, mari kita dibandingkan antara beli ubi dengan beli R, mana yang lebih murah. Saat ini beli 570 ubi, harganya Rp 479 ribu (dan kemungkinan akan naik).


Jika kita pakai 570 ubi untuk battle, itu berarti kita akan habiskan waktu sekitar 570 * 1 menit untuk battle. Sekitar 570 menit ~ 9.5 jam.

Sekarang, saya beli 3500R seharga sekitar Rp 1.3 juta (kurs Rp 13 ribu/USD). Itu berarti saya bisa gunakan battle sebanyak 3500/2 = 1750 kali battle atau 3 (TIGA) KALI lipat dari perhitungan ubi di atas.

"Ah, sama saja mahalnya dong...!"

Eitssss...jangan salah. Sekilas memang nampak sama mahal. Tapi seperti saya tulis di atas, kalo beli ubi, kita mesti siapkan waktu 9.5 jam untuk bermain PVP. Sementara jika pakai si tomat, kita hanya habiskan waktu 1750 * 3 detik = 87.5 menit atau 1 jam 28 menit (dibulatkan).

Hemat 8 jam kan?

Hitungan lain.

Dengan main 570 kali, berapa % menang dan kalah? Untuk auto gaming, isunya sih GA PERNAH KALAH. jadi kalo main 1750 kali, tinggal kali 20 saja poinnya. Didapat poin PVP sebesar 35000. DIJAMIN RANGKING 1 TOP GLOBAL DEH...!! Hahahha...

So, apakah si tomat ini cheat atau bukan?

Bagi beberapa orang, si tomat dikelompokkan sebagai cheat karena memainkan game BUKAN di aplikasi game-nya. Namun ada yang menganggap bukan cheat, karena jika cheat maka pihak Line Rangers pasti akan melakukan tindakan (menutup si tomat ini).

Sementara itu, dari komentar-komentar yang masuk di blog ini maupun di timeline saya, banyak yang bertanya (dan menduga, meski saya kadang mengartikan pertanyaan dan dugaan mereka sebagai 'tuduhan') apakah orang-orang yang disuspend merupakan pengguna si tomat?

Apalagi setelah membaca penjelasan saya di atas, saya yakin semakin banyak orang yang menduga para ranger yang disuspend adalah pengguna tomato (cheater yang membayar).

Saya sempat bertanya ke ranger-ranger yang disuspend, apakah mereka pernah menggunakan tomat? Well, sebagian ada yang pakai ada pula yang tidak. Yang memakai tomat biasanya memanfaatkan fasilitas farming dan levelling untuk naik level. Itupun dilakukan di bulan lalu (bukan April 2015).

Namun, dari info sekitar 15 rangers, pengguna aktif tometo hanya 1-2 ranger saja. Itupun mereka tidak lakukan lagi di bulan April 2015. Sementara sisanya hanya tahu atau bahkan tidak tahu tentang si tomat.

Bahkan keponakan Abah Q yang masih kecil, akunnya kena suspend jugak. Padahal Abah Q tidak pernah login ke tomat pakai akun keponakannya. Dan keponakannya pun tidak pernah tahu tentang si tomat ini (masih di bawah umur).

So, hingga artikel ini saya buat dan muat, saya masih yakin BUKAN si tomat yang menjadi penyebab suspend massal rangers Indonesia. Karena jika memang si tomat yang menjadi penyebab, maka para rangers Thai dan Taiwan semestinya kena, karena (menurut dugaan saya) justru mereka adalah pengguna aktif tomat.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa rangers Thai sudah mencapai level Super Master 90an di pertengahan Feb 2015. Padahal level Master dan Super Master baru diperkenalkan di akhir Januari 2015, saat LR Season 2 dimulai.

Berikut ini skrinsut yang saya miliki yang mendukung pernyataan saya di atas.

*ss tgl 14 Feb 2015. dalam waktu 1/2 bulan, sudah ada yang mencapai SM 94.
masuk akal? kalo masuk akal, akal siapa? akalnya alien?*

Kata-kata saya di atas didukung oleh ss oleh om Ben di bawah ini.


Dari info di atas, tercatat bahwa pengakses tomat paling banyak datang dari Thailand, lalu disusul dengan Taiwan.

Lagipula saya merasa aneh dengan pihak LR ini. Masa mereka tidak tahu tentang keberadaan si tomat? Kecuali mereka hidup di dalam gua yang tidak terhubung dengan internet sehingga mereka tidak mendapat update apapun, bolehlah mereka beralasan tidak tahu adanya keberadaan si tomat.

Tapi jika mereka tahu tentang si tomat dan lalu membiarkannya serta melakukan suspend terhadap rangers yang DIDUGA berbuat curang (menggunakan tomat sebagai cheat), yaaa tidak fair juga menurut saya. Cuma menduga kok langsung main suspend?

So, bagi kamu yang pengen nyoba naik level atau main specs dengan gampang, silakan pakai jasa si tomat ini.

Cumaaa....RESIKO TANGGUNG SENDIRI! Termasuk jika kamu disuspend usai menggunakan si tomat, yaaa silakan menangis saja di pojokan. Oya, dan ga perlu marah-marah kepada pihak LR yang telah mengsuspend kamu. Toh, saya sudah ngasih tau...pihak LR pilih kasih dalam meng-suspend. ;-)

Saya sendiri, meski masih sebal dengan suspend semena-mena dari pihak LR (yang juga dialami oleh rangers 'apes' lainnya), saya sudah mempersiapkan diri untuk pensi dari game LR jika memang akun saya disuspend selamanya.

42 comments:

  1. Memang hidup itu katanya tidak adil.....tapi selalu ada hikmah di balik itu semua dan itu yg sering kita lupakan. Semoga akun mas fahmi cepet balik ya mas..Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama baca ini, saya cukup merasakan "sesak" dan bergabung dengan Tim GEGANA a.k.a Gelisah Galau Merana.
      Namun saya sepakat dengan komen dari Tamia ini, dimana ada pertemuan maka disitu akan ada perpisahan.

      The Beginning and The End.
      We must move on to other stage, not in Line but in Live.

      Dan saya berdoa, setiap kebijakan miring LR ini pasti akan dibalas dengan munculnya GAME baru yang lebih seru dan menantang.
      Etentunya, hanya masalah waktu saja.

      *Jadi inget jaman DOTA Warcraft

      Delete
    2. Semoga cepat di balas ya mas benny. Karena untuk saat ini saya masih rada bingung...game apa yg sekelas / semenarik LR ? Dan karena jujur saja, hanya game LR dari semua game2 di android yg membuat saya tertarik.

      Sekali lagi...semoga akun mas fahmi cepat di balikin..Amiin.

      Delete
  2. Jika Mas Fahmi pensi . Saya mau pensi juga nih
    Sya mau jual akun line sya. Lvl 86 .Ranger:
    *7AT-32D,*7Angel James, *7 Biker Xan,*6bleki(black moon),*6assains brown,*6pink karate brown
    Di jual 150 rb bisa Nego!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 25 ribu kontan yah mas, tambah kerupuk satu deh..
      bonus es teh tawar gimana?

      Delete
    2. Kalo mau tau add id saya : rahi.min
      Ntar bisa putusin tuh hrga nya

      Delete
    3. OM BENN ada2 saja, tambahin deh snickers 3 , wkwkwkwkwkw

      *lo resek kalo lagi laper

      JGL Dayenz

      Delete
    4. Hahhaha...mana om daynz snickernya..mau dong..

      Rahi min..udah saya add yah..

      Delete
  3. Dugaan ane sih LR lagi bersih2 buat narik pemain baru, dan suspendnya gw rasa random makanya pihak LR gak bisa kasi detail kenapa kita di suspend.bukti lainnya saat ini di battle banyak user baru dengan tower yg masih level rendah tapi renjernya sudah bagus. ini memang gak adil banget mereka mengambil jalan pintas untuk mendongkrak gamenya. tapi dunia bisnis kaya begini apapun bisa terjadi.

    prediksi ane sih kalo sudah cukup banyak pemain baru yang masuk dan bermain reguler yang suspend pasti bakal bisa main lagi...tapi sampe kapan...semoga secepatnya.

    tetep semngat bro semoga bisa segera dilepas segelnya

    ReplyDelete
  4. what?! baru tau kalo akunnya mas ganteng di suspend....
    hadeeehh...padahal ane masih "sedikit" semangat ketika baca blognya mas fahmi. ga jadi pensi kalo baca artikel di blog ini...
    ikutan suspend (baca : pensiun) dah ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf tambahan mas fahmi....coba dibuatkan contoh surat ke dev LR kalo mas fahmi yang ganteng dan baik hati ini bener2 main "clean sheet" nanti biar temen2 kirim surat tersebut ke dev LR. sapa tau bisa dicabut suspend nya (walo udah 3 hari ini lom ada kabar). Saya yakin para reader lover grup ini akan reply ke dev LR sehingga akunnya mas fahmi balik lagi n ga jadi pensi....

      terkesan egois sih kalo cuman bantuin mas fahmi secara banyak SENIOR2 lain yang kena juga....

      tapi ada juta-an (mungkin lebih..halah...) yang berharap mas fahmi tetep update blog ini (nah kan egois lagi...hehe)

      trakhir tapi bukan yang akhir....
      semoga para senior berhasil MOVE-ON dari tragedi ini. saya pribadi turut bersedih mendengar banyak korban tak berdosa menjadi tumbal keserakahan developer LR yang makin hari makin mabok...

      mohon maaf kalau ada kata2 yang tidak berkenan.

      Delete
  5. Dear Line Ranger Friends,
    Halo teman-teman Rangers semua,

    Entah bagaimana mengungkapkan apa yg memang terjadi saat ini, yaa ketika kita kena suspend bukanlah AKHIR dari segalanya. Namun langkah pasti mengisyaratkan kita bahwa kita sudah di puncak, dan saatnya turun gunung.

    Rencana pensi pasti ada, ibarat orang lagi pacaran...Selama memainkan game ini membawa keseruan dan kegembiraan sekaligus kekecewaan dan kesedihan. (sampe ada yg banting-banting hape - spt saya - red)
    Karena itu kita selalu sayang dengan Game ini "Line Rangers" (game tower defense), karena benar-benar memainkan emosi kita. Apalagi ditambah melalui game ini, kita punya keluarga kedua, yaitu RBT, JAGAL dan 100#nUBI (I love You All).
    Layaknya pacaran, pilihan ada dua. Nikah atau Putus.
    Dan jika selama pacaran kita selalu disakiti, tentu logika kita akan berkata "putus/pensi" walaupun terkadang susah dilakukan ketika mengingat cerita indahnya seperti....ah sudahlah..

    Dan takdir saat ini telah berkata "NO PROBLEM IN OUR SYSTEM" dan pada kenyataannya, ada masalah dengan system mereka yg mereka tidak mau akui seperti bugs, eror data, force close, dll. Bukan hanya karena cheat atau auto gaming system tersebut, tapi dari system yg mereka buat sendiri. Dodol pake kecap memang, kecacatan system disalahkan ke user.

    Ketika kita menggunakan bugs kita dianggap salah karena memanfaatkan system. Apa kita yang salah? Atau system yang selalu benar walau terjadi kecacatan?
    System dibuat oleh manusia, jadi salah men-suspend orang. Jika memang ada bugs, betulkan dan beri peringatan terlebih dahulu. Sedangkan ini semua disamaratakan, "sungguh terlalu" (kata bang haji - red)

    Jadi, walaupun nantinya account kembali. Saya sih TETAP PENSI dari bermain LR. Sudah cukup saya disakiti, gak mau nambah sakit lagi. Gacha Zonk, Spin Zonk, bulu dibatasi, invite friend dikurangi, so next apa lagi???

    Seharusnya GAME ITU MEMBUAT HATI KITA SENANG bukan semakin menanamkan rasa kecewa seperti ini.
    SELAMAT JALAN my LINE RANGERS and I will missing My Gokong *8

    Terima Kasih semua atas perhatian dan kebersamaannya selama ini di RBT (Rangers Battle Team) - JGL200 (Jaga Lilin 200) dan 100#nUBI (nubi tapi sudah Global, keren bingiitss) I love You All.

    Thanks and many thanks for this site,
    Disini saya memulai, dan disini juga saya harus mengakhiri.

    Regards,

    Dizzibenny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masgaaannn. Kok d publish yg sedih ini? Huuuwaaaaaa om ben :(

      Delete
    2. Papah Benny:((

      #100#nUBI Annie

      Delete
    3. om benny

      Dalem bnget kata2nya,, so sad...
      terharu..walaupun ane g terlalu mengenal om ben lbih dkat,,tpi ane jga bsa merasakan yg om ben rasakan,,senasib om..sampai saat ini jg msih kena suspend,,
      sempet bikin account bru buat maen,tpi ane ngerasa gregetnya berkurang,,entah ane bisa move on or enggak,,

      terdzolimi oleh GM Lr qt om,,tpi mo gmana lagi..coba kompline tpi jwab nihil...

      mungkin disuruh buat rehat dri game kali om,,fokus ke kerjaan n menjalani hidup..
      tetep jaga spiri jagal pokoknya!!!!

      semangat om benny
      mazvhe

      Delete
    4. hikz.. hikz...

      RBT, JAGAL dan 100#nUBI pasti akan selalu merindukanmu Om Benn, saya juga merasakan hal yang sama because we are family. Apa yang Om Benn rasakan, temen2 rasakan, saya juga merasakan betapa pahitnya kenyataan yang harus kita terima...

      Perlahan tapi pasti, pelan2 rangers indo bakalan tumbang satu persatu itu yang saya rasakan. Kecintaan terhadap game ini kian memudar, kita demi LR namun LR demikian...

      Saya juga belum bisa memutuskan bakalan PENSI atau tidak, masih menunggu pihak dev. LR mengembalikan akun saya. Jikalau akun saya tidak kembali sudah dipastikan saya juga akan PENSI.

      Saya tetep berterimakasih kepada game ini, dari game ini kita bisa kenal satu sama lain, kita bisa akrab hingga sekarang ini, bahkan kalian sudah saya anggap seperti keluarga sendiri, Meskipun pada akhirnya saya harus mengakhiri game ini (bukan saya yang menginginkan, namun LR yang berkehendak).

      Tetep semangat Rangers Indonesia...
      Tetep berjuang Battler Indonesia...
      Kibarkan terus Merah Putih...

      JGL Dayenz

      Delete
  6. Om fahmi minta id line dong

    ReplyDelete
  7. Wah dedengkot lr pada pensi..... gejala apa ini. Entah lr itu mendengar apa kaga. Bnr2 aneh nih game. Namany game pasti bnyk cheat jg ...bnyk bugs jg. Coc aja bnyk cheatny. Emng ind terlalu dianak tirikan....mentang2 yg bl ubi dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...sudah waktunya oper tongkat estafet kelesss...

      Delete
  8. Jadi pengen coba nih mas fahmi :D

    Tp kalo ngeliat perkembangan aja nih ya, akun luar kagak ada yg di suspend. Kok gitu? Bisa diliat di Battle Rank. Buset tuh bakar ubi, pastinya bulu emasnya ribuan bahkan jutaan *eh*. Dan temen ane nih baru keluar AT sama Edward baru sehari dalam sejam bisa dapet *8 super master! Waw! (akun luar)

    Dan saya melihat rangers indo gk kenal apa itu cheat macem2 (pengalaman nih cari survey mulu😄) jadi bisa benar kalo suspend ini secara random *hiks*

    Semoga aja semua akun indo yg ke suspend kembali semua, AMIN.

    rindangjr

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba, tapi resiko tanggung sendiri yak...??! :-D

      dengar2 ada jugak akun luar yg kena suspend. entah benar entah tidak. saya curiga cuma isu, biar rangers Indonesia ga terlalu merasa apes :p

      kalo di season 1, ada cheatnya kok...dan banyak yg pake :-D

      aamiin, semoga akun2 yg disuspend segera dikembalikan ke pemiliknya :-)

      Delete
  9. Setuju dengan Mas Gan, saya juga sependapat kalau Tomat bukanlah penyebab suspendnya akun saya (kita). Sebab pengguna Tomat paling aktif adalah Thailand & Taiwan, Indonesia hanya beberapa % saja. Saya juga yakin banyak Rangers di Indonesia yang aktif menggunakan Tomat namun akunnya baik2 saja alias tidak kena suspend. Nah Loh????? yakin penyebabnya adalah TOMAT...???

    Tidak dipungkiri saya adalah pengguna Tometo Aktif.
    Eits.... tunggu dulu...!!! Memang bener saya aktif, Etapi saya cuma aktif login buat dapetin 10R setiap harinya dan itu saya tukarkan menjadi 10 BuKu alias Bulu Kuning. Maklumlah abang2 tau sendiri sekarang sedang krisis Bulu Kuning wkwkwk

    Kemudian saya juga aktif di Tometo kalau saya sedang berada di Global, untuk melihat posisi terupdate baik Rank/Point agar ga ketinggalan atau terdampar dengan Rangers lain.

    Mengenai Haram/Halal Tometo itu tergantung anda menilai, Toh kalaupun anda mau pakai jasa tometo harus bayar ( gak ada yang gretongan ). Mau Pakai silahkan.... gak juga gpp...

    Yang jelas jika pakai jasa Tometo kenikmatan dalam bermain game ini akan berkurang, buat apa main game kalau tidak dapat menikmatinya wkwkwk...

    Atau bagi yang kekurangan bulu bisa ngikutin ajaran sesat saya, login tiap hari buat dapetin 10R dan ditukarkan dengan 10 Bulu ( tapi resiko tanggung sendiri yak ) hehehe...

    Intinya... kalau menurut saya seh bukan Tomat penyebab suspend massal ini.
    Tetep semangat yang akunnya kena suspend , Jika menyerah lambaikan tangan ke kamera dan katakan SAYA PENSI...

    JGL Dayenz

    ReplyDelete
  10. Banyak Sesepuh pada pensi, ane lanjut,
    Paling tidak melanjutkan operan semangat sesepuh.

    Keep up spirit!

    ReplyDelete
  11. Knp pilih tuker bulu kuning bung dayenz ,kan bisa tuker bupel jg yg gratisan 10r. Cm entahlah...kaga ngerti si tomat. Takut kena susp jg. Kalau baca webny bung fahmi kan pvp cm bu 2r. Jd sehari bisa 5bupel. 1minggu 35bupel. Plg gak cm nambah 15bakar udh dpt 150 ubi. Ntah luar pake tomat bl brp r....pada gila2an pvpny. Kdg ga msk akal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tau aja atau mau tau banget? hehehehe....

      Alasan kenapa saya tuker bulu kuning ketimbang bulu pelangi,sudah saya bahas dikomentar sebelumnya (scroll keatas)

      "Yang jelas jika pakai jasa Tometo kenikmatan dalam bermain game ini akan berkurang, buat apa main game kalau tidak dapat menikmatinya"

      Nah, saya jelaskan kembali... R tidak dapat ditukarkan dengan bulu pelangi, R (sebagai mata uang tometo) hanya bisa dipakai untuk membayar jasa bermain Auto Stage, Auto Special Stage & Auto Battle.

      Lah... kalau saya pakai buat Battle sama aja saya minta Jokiin Tomat donk, Apa serunya......!!! kan saya Battler sejati wkwkwkwk

      Itulah sebab mengapa saya tukerkan dengan bulu kuning, lumayanlah bisa buat main special stage atau leveling walaupun jumlahnya ga banyak hanya 10 bulu kuning setiap harinya. Maklumlah namanya juga Free Player hehehe...

      JGL Dayenz

      Delete
    2. Maaf mau tanya abis saya bingung minta penjelasannya donk

      "Hanya bisa dipakai untuk membayar jasa bermain"
      Berarti ga bisa dituker bulu

      "Itulah sebabnya mengapa saya tukerkan dengan bulu kuning"
      nah kok bisa ditukerin bulu

      Delete
  12. Kena suspend padahal gk pernah pake cheat.Ini penyebabnya apa sihhh????setiap login gk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. welkam to the club... :-)

      kirim saja inquiry, mudah2an bisa segera dibebaskan :-)

      Delete
  13. Sekedar info aj yg nganggur dan lirik2 comment
    Ada notice baru asik malem ini,
    Besok (17 April 2015) jam 6-8 pagi buat WIB ada maintance buat
    1. )Abyss city (stage 229-240) sama backwards clockwork (SS) , masuk SS clockwork butuh 3 bulu o_o, keterangan lanjut baca di noticenya aja.
    2.)HP sama Attack ranger diotak-atik lagi, tulisannya sih HP dan attack di boosted. skill juga diperbagus (boosted) lagi tulisannya.
    3.)Bulu FP batesnya dinaikin dari 10 jadi 20, Gacha FP batesnya 5 jadi 10
    4.)Bulu gratisan dikasi dalem jangka 2 waktu aj sekarang (jam 10.00-13.00 wib dan 17.00-20.00 wib) 10 bulu dan 10 bulu
    5.)Friend invite direset lagi , 10 friend inv 20 ubi, 20 friend inv 40 ubi, 50 friend inv kinnara cony, 100 friend inv artist hitman*6

    Kasi berita aja sih buat mungkin yg masi kena suspend >.<, btw 3088 poin skrg lagi di rank 2775 , semangat yg lg battling dan banyak doa yg kena suspend.



    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih informasinya :-)

      *dari admin sedang malas update blog karena akunnya masih disuspend*

      Delete
  14. dihitung-hitung kalau 100dolar~1,3 jt buat jadi rank 1~3 global (1000ruby) lumayan juga sih sekaligus nama dipaparkan di papan global (mungkin kebanggaan tersendiri). Dan sebenernya paling cuma 25rb point juga uda rank 1-3 ( ga sampe 35rb point). Kalo bisa pake tomat yg bener sih bisa untung. 500 rb rp skrg dpt 494 ruby (anggep 500ruby) kalo beli normal ruby buat rank yang sama butuh 1 jt rupiah saja , waktu main dan persentase kalah kita dapat dihilangkan dengan 300rb rupiah doank. Lumayan sih secara manajemen waktu dan risk cuma yah ga diitung faktor bahaya kena ban.
    Lagi gak ada kerjaan nunggu bulu nih, yang ga ngerti anggep angin lewat aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu...

      terima kasih untuk tambahan penjelasannya :-D

      makanya, saya tulis di atas, pake tomat itu untung dari sisi manajemen waktu. :-D

      Delete
  15. Permisi gan, mw tnya klo pake tomat di specs tu reward ny random kah?

    ReplyDelete
  16. Mas, akan ada maintenance di LR, dan salah satunya friend invitation di-reset horeee

    Apakah akun mas fahmi belum kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims infonya, om Bagas.

      hingga saya tulis komentar ini, akun saya belum kembali

      Delete
  17. Wow.. dah lama maen LR dari season 1, baru tau ada jasa joki LR pake istilah cheat pula.
    .
    tapi yg ane nngga ngert masalah suspend account. Emang mas ngelakuin apa aja?? Bisa di jelasin.. ntah itu jumlah ruby, rangers nya, ato kenaikan lvl dlm sehari??
    Ane takut kena juga nntinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuhue...welkambek to Line Rangers :-)

      lah, saya sendiri juga ga tau kenapa saya disuspend?
      saya tanya pihak LR, jawabannya juga ga jelas. cuma DUGAAN. lah, baru diduga saja sudah main suspend.

      lucu saja.

      jumlah rubi? ribuan
      rangernya masih pake ranger2 lama
      kenaikan level? palingan naik 1 level dalam 3 hari.

      Delete